PRINSIP PEMBUATAN BUKU PANDUAN

PRINSIP PEMBUATAN BUKU PANDUAN

1.1.      Prinsip Relevansi
Prinsip relevansi; secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis). (Prinsip Pengembangan Kurikulum, 2008).
1.2.      Prinsip Konsistensi
Artinya ada kesesuaian (jumlah/banyaknya) antara kompetensi dan bahan ajar; jika kompetensidasar yang ingin dibelajarkan mencakup keempat keterampilan berbahasa, bahan yangdipilih/dikembangkan juga mencakup keempat hal itu. (Guswati).
1.3.      Prinsip Kecukupan
Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya. (Tindaon, 2012).

Daftar Pustaka

Guswati, R. PRINSIP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. https://www.scribd.com/doc/179897751/Prinsip-Pengembangan-Bahan-Ajar.
Prinsip Pengembangan Kurikulum. (2008, 01 31). Retrieved 08 11, 2016, from tentang PENDIDIKAN AKHMAD SUDRAJAT: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
Tindaon, Y. A. (2012, 04 30). Prinsip-prinsip dalam Memilih Bahan Ajar. Retrieved 08 11, 2016, from Bahasa dan Sastra Indonesia: http://yosiabdiantindaon.blogspot.co.id/2012/04/prinsip-prinsip-dalam-memilih-bahan.html

Word Download klik pada gambar

BIOGRAPHY
NAMA : DIKKY SETIAWAN
SCHOOL : SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO :
Melakukan yang harus dilakukan dan yang kulakukan tidak sia-sia . I like adventure in nature


Post a Comment

0 Comments