PRINSIP
PEMBUATAN BUKU PANDUAN
1.1.
Prinsip Relevansi
Prinsip
relevansi; secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara
komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi).
Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi
dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis),
tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan
kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis). (Prinsip
Pengembangan Kurikulum, 2008) .
1.2.
Prinsip Konsistensi
Artinya
ada kesesuaian (jumlah/banyaknya) antara kompetensi dan bahan ajar; jika
kompetensidasar yang ingin dibelajarkan mencakup keempat keterampilan
berbahasa, bahan yangdipilih/dikembangkan juga mencakup keempat hal itu. (Guswati) .
1.3.
Prinsip Kecukupan
Prinsip
kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu
siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu
sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang
membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika
terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya. (Tindaon, 2012) .
Daftar Pustaka
Guswati, R. PRINSIP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
https://www.scribd.com/doc/179897751/Prinsip-Pengembangan-Bahan-Ajar.
Prinsip
Pengembangan Kurikulum. (2008, 01
31). Retrieved 08 11, 2016, from tentang PENDIDIKAN AKHMAD SUDRAJAT:
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
Tindaon, Y. A. (2012,
04 30). Prinsip-prinsip dalam Memilih Bahan Ajar. Retrieved 08 11,
2016, from Bahasa dan Sastra Indonesia:
http://yosiabdiantindaon.blogspot.co.id/2012/04/prinsip-prinsip-dalam-memilih-bahan.html
Word Download klik pada gambar
BIOGRAPHY
NAMA
: DIKKY SETIAWAN
SCHOOL
: SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO
:
Melakukan
yang harus dilakukan dan yang kulakukan tidak sia-sia . I like adventure in
nature
0 Comments