TROUBLESHOOTING LAPISAN APLIKASI LAN

TROUBLESHOOTING LAPISAN APLIKASI LAN
1.1. Definisi dan Fungsi
Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP,telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application. Fungsi application layer antara lain: Sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur  bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesankesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS. (FUN, 2016).
            Fungsi :
·         Sebagai alat pengumpul informasi dan data yang dikrimkan melalui jaringan
·         Lapisan atau layer yang berfungsi sebagai pengumpul keseluruhan informasi dan data yang diterima dan yang akan dikirim melalui sebuah jaringan. Ketika user akan menerima data (receiver / recipient) maka application layer akan mengumpulkan seluruh data yang telah sampai untuk kemudian dimunculkan di dalam aplikasi tertentu.
·         Sebagai user interface.
1.2. TCP/IP
Transmission Control Protocol (TCP) adalah suatu protokol yang berada di lapisan transport (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). TCP dispesifikasikan dalam RFC 793. (wikipedia).
1.3. DHCP (Dynamic Configuration Protocol)
Adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. (hadi, 2008).
1.4. FTP (File Transfer Protokol)
FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Terdiri dari FTP Server dan FTP Client. (Suhartono, 2014). Fungsi FTP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet.


1.5. Telnet
Telnet atau Telecommunications Network Protocol adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer. (komputer, 2015).
1.6. NFS (Network File System)
NFS adalah singkatan dari Network File System. NFS adalah klien atau program server yang berjalan pada komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file di jaringan dan memperlakukan mereka seolah-olah mereka berada di direktori file lokal.NFS adalah singkatan dari Network File System. NFS adalah klien atau program server yang berjalan pada komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file di jaringan dan memperlakukan mereka seolah-olah mereka berada di direktori file lokal. (translate.com, 2015).
1.7. http dan https
Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web. (Astriani, 2013).
Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure).

Baca Juga : SOAL DAN JAWABAN LAPISAN APLIKASI LAN


Daftar Pustaka

andika, I. y. (2016, 08). Digital Media. Retrieved 09 14, 2016, from Troubleshooting Lapisan Presentasi Pada Jaringan LAN: http://indodigitalmedia.blogspot.co.id/2016/08/troubleshooting-lapisan-presentasi_31.html
Astriani, D. (2013, 01 30). Perbedaan http dan https. Retrieved 09 14, 2016, from ilmukomputer.com: http://ilmukomputer.org/2013/01/30/perbedaan-http-dan-https/
FUN, H. (2016, 10 24). OSI 7 LAYER DAN FUNGSI MASING-MASING LAYER. Retrieved 09 14, 2016, from SHARE ANYTHING HERE,HAVING FUN: http://sudoapt-getcold.blogspot.co.id/2011/10/osi-7-layer-dan-fungsi-masing-masing.html
hadi. (2008). Pengertian Dan Kelebihan DHCP. https://hadi27.wordpress.com/pengertian-dan-kelebihan-dhcp/.
komputer, t. (2015, 08). Pengertian dan fungsi Telnet (Telecommunication Network). Retrieved 09 14, 2016, from tutorial komputer: http://www.teorikomputer.com/2015/08/pengertian-dan-fungsi-telnet.html
Suhartono, R. (2014, 06 30). Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol). Retrieved 09 14, 2016, from Computer Network: http://net.itmaranatha.org/2014/06/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp-file-transfer-protocol/
translate.com. (2015). nfs. https://www.translate.com/english/nfs-adalah-singkatan-dari-network-file-system-nfs-adalah-klien-atau-program-server-yang-berjalan-pa/33157242.
wikipedia. (n.d.). wikipedia. Retrieved 09 14, 2016, from wikipedai indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Transmission_Control_Protocol


Download disini

BIOGRAPHY
NAMA : DIKKY SETIAWAN
SCHOOL : SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO :
Melakukan yang harus dilakukan dan yang kulakukan tidak sia-sia . I like adventure in nature


Post a Comment

0 Comments