PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK

PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK
   1.      Target Market
American Marketing Association 1960, mengartikan pemasaran sebagai berikut: Pemsaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga kita tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.
Sedangkan definisi lain, dikemukakan oleh Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. (GoogleSites, 2010).
   2.      Ergonomis
Ergonomika atau (kurang tepat) ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktikkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.
Ergonomi berasal dari dua kata bahasa Yunani: ergon dan nomos: ergon berarti kerja, dan nomos berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Pendapat lain diungkapkan oleh Sutalaksana (1979): ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun nonfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien. Bentuk kata sifatnya adalah ergonomis. (wikipedia, 2016).
   3.      Ciri Khas
Ciri khas. Sampai saat ini, sudah banyak jenis dan Model kemasan yang menarik. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. "Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya. (Kompa.com, 2012).
   4.      Ukuran
Ukuran kemasan haruslah sesuai dengan produk yang ada didalamnya. Ini menghindari bentuk yang aneh atau bahkan pemborosan bahan yang digunakan. Jangan membuat kemasan dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari produk didalamnya. Ukuran juga bisa ditentukan dari kebutuhan masyarakat sendiri. Seperti, ketika kita menciptakan kemasan untuk produk air mineral. Kita bisa memberikan porsi untuk 2 – 3 kali minum dan itu artinya air mineral tersebut tidak membutuhkan kemasan yang besar. (Islamiyati, 2014).
   5.      Special Pack
Special pack. Berikan promosi atau semacamnya pada kemasan. Cobalah untuk lebih jeli dalam melihat keadaan dan juga momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya pada saat hari raya, Anda bisa memberikan special pack dengan desain, warna sampai penawaran promo menarik lainnya. (ADMIN1, 2012).

Daftar Pustaka

ADMIN1. (2012, 10 12). Kemasan Produk Ditentukan dengan Beberapa Cara. Retrieved 08 25, 2016, from infoduit: http://infoduit.com/kemasan-produk-ditentukan-dengan-beberapa-cara
GoogleSites. (2010). pemasaran. https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/.
Islamiyati, N. (2014, 03 21). 6 Langkah Sederhana sebelum Menentukan Kemasan Produk. Retrieved 08 25, 2016, from mebiso.com: http://mebiso.com/6-langkah-sederhana-sebelum-menentukan-kemasan-produk/
Kompa.com. (2012, 02 17). 5 Cara Menentukan Kemasan Produk. Retrieved 08 25, 2016, from Kompas.com: http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk
wikipedia, i. (2016, 03 01). Ergonomika. Retrieved 08 25, 2016, from wikipedia, indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Ergonomika



file wordnya download disini

BIOGRAPHY
NAMA : DIKKY SETIAWAN
SCHOOL : SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO :

Melakukan yang harus dilakukan dan yang kulakukan tidak sia-sia . I like adventure in nature 

Post a Comment

0 Comments