PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK
1. Target Market
American Marketing Association 1960, mengartikan
pemasaran sebagai berikut: Pemsaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang
mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau
pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang
kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga kita
tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.
Sedangkan
definisi lain, dikemukakan oleh Philip Kotler dalam bukunya Marketing
Management Analysis, Planning, and Control, mengartikan pemasaran secara lebih
luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan
menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok
lainnya. (GoogleSites, 2010) .
2. Ergonomis
Ergonomika atau (kurang tepat) ergonomi adalah ilmu
yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu
sistem, serta profesi yang mempraktikkan teori, prinsip, data, dan metode dalam
perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan,
kelemahan, dan keterampilan manusia.
Ergonomi
berasal dari dua kata bahasa Yunani: ergon dan nomos: ergon berarti kerja, dan
nomos berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Pendapat lain diungkapkan oleh
Sutalaksana (1979): ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia
sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun
nonfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu
sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien. Bentuk kata sifatnya
adalah ergonomis. (wikipedia, 2016) .
3.
Ciri
Khas
Ciri khas. Sampai saat ini, sudah banyak jenis dan
Model kemasan yang menarik. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih
kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah
satu ciri khas dari produk yang dijual. "Bentuk kemasan yang unik dan
berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk
tersebut ikon dari produk sejenisnya. (Kompa.com, 2012) .
4.
Ukuran
Ukuran kemasan haruslah sesuai dengan produk yang
ada didalamnya. Ini menghindari bentuk yang aneh atau bahkan pemborosan bahan
yang digunakan. Jangan membuat kemasan dengan ukuran yang lebih besar atau
lebih kecil dari produk didalamnya. Ukuran juga bisa ditentukan dari kebutuhan
masyarakat sendiri. Seperti, ketika kita menciptakan kemasan untuk produk air
mineral. Kita bisa memberikan porsi untuk 2 – 3 kali minum dan itu artinya air
mineral tersebut tidak membutuhkan kemasan yang besar. (Islamiyati,
2014) .
5.
Special
Pack
Special pack. Berikan promosi atau semacamnya pada
kemasan. Cobalah untuk lebih jeli dalam melihat keadaan dan juga momen acara
besar yang sedang terjadi. Misalnya pada saat hari raya, Anda bisa memberikan
special pack dengan desain, warna sampai penawaran promo menarik lainnya. (ADMIN1, 2012) .
Daftar Pustaka
ADMIN1. (2012, 10 12). Kemasan Produk Ditentukan
dengan Beberapa Cara. Retrieved 08 25, 2016, from infoduit:
http://infoduit.com/kemasan-produk-ditentukan-dengan-beberapa-cara
GoogleSites. (2010). pemasaran.
https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/.
Islamiyati, N. (2014,
03 21). 6 Langkah Sederhana sebelum Menentukan Kemasan Produk.
Retrieved 08 25, 2016, from mebiso.com:
http://mebiso.com/6-langkah-sederhana-sebelum-menentukan-kemasan-produk/
Kompa.com. (2012, 02
17). 5 Cara Menentukan Kemasan Produk. Retrieved 08 25, 2016, from
Kompas.com:
http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk
wikipedia, i. (2016,
03 01). Ergonomika. Retrieved 08 25, 2016, from wikipedia, indonesia:
https://id.wikipedia.org/wiki/Ergonomika
file wordnya download disini
BIOGRAPHY
NAMA
: DIKKY SETIAWAN
SCHOOL
: SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO
:
Melakukan
yang harus dilakukan dan yang kulakukan tidak sia-sia . I like adventure in
nature
0 Comments