8 Fakta tentang Gunung Merbabu

Fakta tentang Gunung Merbabu

Apakah sobat pernah mendaki gunung di daerah Jawa Tengah, yang akan kita bahas kali ini adalah gunung merbabu.
Gunung merbabu adalah gunung yang bertipe Strato yang terletak di wilayah kabupaten Magelang sebelah barat, Kabupaten Boyolali sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. wikipedia

Fakta-Fakta mengenai Gunung Merbabu

1 1. Merbabu memiliki 5 jalur pendakian


Jalur pendakian merbabu ada 5 yaitu, Via Selo, Via Kopeng Thekelan, Via Wekas, Via Kopeng Chuntel, Via Suwanting. Masing-masing jalur pendakian memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Maka dari itu sebelum mendaki ke Gunung Merbabu ini cobalah mencari informasi dari masing-masing jalur agar pendakian kalian menyenangkan.

Baca Juga : Merbabu Via Selo
Baca Juga : Tips Mendaki

   2. Puncak tertinggi Merbabu adalah Kenteng Songo dengan ketinggian 3.142 Mdpl


Dengan ketinggian 3.142 Meter diatas permukaan laut, gunung Merbabu memiliki view yang mempesona, kalian akan merasa berada di negeri diatas awan.

   3. Terletak di 3 Kabupaten


Yaa, gunung Merbabu terletak di 3 Kabupaten yaitu kabupaten Magelang sebelah barat, Kabupaten Boyolali sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di sebelah utara,Provinsi Jawa Tengah.

   4. Tiga puncak utama

Tiga puncak utama yang sering dijadikan tujuan para pendaki adalah puncak Kenteng Songo, puncak Syarif, dan puncak Trianggulasi.

   5. Memiliki Sunrise yang begitu indah

Dipuncak kalian akan melihat sunrise yang begitu indah, jika kalian ingin melihat sunrise usahakan berangkat jam 2 atau 3 dari Savana 2 ke puncak.

   6. Dari 5 jalur pendakian hanya ada dua jalur yang ada sumber airnya

Di jalur pendakian gunung merbabu hanya ada dua jalur yang ada sumber airnya yaitu Via Wekas dan Via Suwanting, jadi jika Kalian lewat jalur ini bisa mengisi air sebelum puncak. Tetapi jika Kalian lewat jalur selain itu Kalian harus menyiapkan persediaan air dari basecamp atau pos pendakian.

   7. Memiliki jalur pendakian yang lumayan terjal di setiap jalur

Gunung Merbabu memiliki jalur pendakian yang terjal, bahkan ada yang sangat terjal.

   8. Terdapat sabana


Ya, di gunung ini terdapat sabana yang luas

Nah itulah beberapa fakta tentang gunung Merbabu, bagi kalian yang ingin mendaki gunung ini tetap ingat kita sebagai pecinta alam sadar bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan alam.

Post a Comment

0 Comments