pendakian gunung merbabu via selo

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. wikipedia


lokasi merbabu di desa Genting, kecamatan Selo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Basecamp - Pos 1 140 menit an


setelah dari basecamp jalur pendakian akan melewati pepohonan dan banyak hewan seperi kera yang akan menyapa Anda.

Pos 1 - Pos 2 sekitar 60-70 menit

jalur pendakian akan mulai ada tanjakan jadi Anda harus berhati-hati apalagi saat musim hujan, jalan akan menjadi licin. tetap semangat sekitar satu jam Anda akan tiba di Pos 2 (Pandean)

Pos 2 - Pos 3 sekitar 40 menit

Selepas dari Pos 2 menuju ke Pos 3 (Watu Tulis) jalur pendakian semakin terbuka, dan semakin menanjak. untungnya Anda dapat melihat keindahan Alam dengan jalur yang terbuka. Terus semangat sekitar setengah jam Anda akan sampai di Pos 3.

Pos 3 - Sabana 1 70 menit an

Selepas dari Pos 3 perjalanan dilanjutkan menuju Sabana 1 dimana medan semakin sulit, tetapi sampai perjalanan disini Anda sudah bisa melihat Gunung Merapi yang megah.

Disini di Sabana 1 juga tempat yang ideal untuk camp area.

Sabana 1 - Sabana 2 40 menit

Medan menuju Sabana 2 tidak terlalu terjal tetapi melewati jalan yang berbelok belok naik turun bukit dengan keindahan alam yang mempesona. berjalan 40 menitan akan sampai di Sabana 2.


Sabana 2 - Puncak Kenteng Songo 2 jam

sebagian besar pendaki memilih mendirikan tenda di area ini, dan melanjutkan ke puncak kenteng songo jam 2 atau jam 3 pagi untuk dapat melihat indahnya Sunrise dari salah satu puncak gunung merbabu ini.

Puncak

Gunung Merbabu memiliki beberapa puncak, di antaranya adalah puncak Syarif ( 3.119 mdpl), puncak Tianggulasi (3.169 mdpl) dan puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl). 

Baca Juga : peralatan camping
                 : persiapan mendaki gunung




Post a Comment

0 Comments