Kebutuhan
Pelanggan
A. Kebutuhan
Pelanggan
Perusahaan
dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan.
Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami
kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana.
Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka
tidak dapat mengutarakan kebutuhankebutuhan ini. Atau mereka menggunakan bahasa
yang membutuhkan penafsiran. Apa artinya jika pelanggan meminta mobil yang
"tidak mahal", mesin pemotong rumput yang "kuat", mesin
bubut yang "cepat", baju renang yang "menarik", atau hotel
yang "tenang"? Kita dapat membedakan lima jenis kebutuhan :
• Kebutuhan yang diutarakan (pelanggan
menginginkan sebuah mobil yang tidak mahal)
•
Kebutuhan nyata (pelanggan menginginkan sebuah mobil dengan biaya operasi yang
rendah, bukannya harga beli yang murah)
•
Kebutuhan yang tidak diutarakan (pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik
dari penyalur)
•
Kebutuhan kegembiraan/delight (pelanggan membeli mobil dan mendapatkan hadiah
peta jalan dalam suatu negara)
•
Kebutuhan rahasia (pelanggan ingin dipandang teman-temannya sebagai konsumen
cerdas berorientasi nilai). (BELAJAR, 2014) .
B. Pangsa
Pasar Proyek
Pangsa
pasar adalah (market segment) bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang
yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat
pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial. Market
share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh
potensi jual, biasanya dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market
share) adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh
sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri. (N, 2015) .
C. Faktor
Lingkungan Eksternal
Lingkungan
eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan
sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain.
Organisasi mendapatkan input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan
eksternal, kemudian ditransformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output
bagi lingkungan eksternal. Definisi lingkungan eksternal adalah sebagi berikut:
• Lingkungan eksternal adalah semua kejadian
di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck
Williams, 2001:51).
•
Lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian
besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh
manajer. (Handoko”, 2006)
•
Lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar suatu
organisasi, yang relevan pada kegiatan organisasi itu (James A.F.
Stoner,1996:66). (Manua, 2012)
Lingkungan eksternal juga dapat dibagi menjadi
dua unsur, antara lain:
Ø Menurut James A.F. Stoner:
1.
Unsur-unsur tindakan langsung (direct action)
2.
Unsur-unsur tindakan tak langsung (indirect action)
Ø Menurut T. Hani Handoko:
1.
Lingkungan ekstern mikro
2.
Lingkungan ekstern makro
Ø Menurut Chuck Williams:
1.
Lingkungan khusus
2.
Lingkungan umum
3.
Lingkungan yang berubah
Sumber
Buku : (Satriawan, -) ,
Daftar Pustaka
BELAJAR, S. (2014, 04 23). KEBUTUHAN PELANGGAN.
Retrieved 08 04, 2016, from SS BELAJAR:
http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Handoko”, “. (2006,
09). Ringkasan Materi Manajemen “T.Hani Handoko”. Retrieved 08 04,
2016, from nurminasarluf:
https://nurminasarluf.wordpress.com/pendidikan-2/ringkasan-materi-manajemen-t-hani-handoko/
Manua, L. (2012, 08
1). Fungsi Manajemen Menurut James A.F. Stoner. Retrieved 08 04, 2016,
from Studi Ilmu Manajemen: http://studimanajemen.blogspot.co.id/2012/08/fungsi-manajemen-menurut-james-af-stoner.html
N, S. (2015, 04 08). Inilah
Pengertian Pangsa Pasar Terlengkap. Retrieved 08 04, 2016, from
PENGERTIAN APAPUN: http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pangsa-pasar-terlengkap.html
Satriawan, L. (-). ANALISIS
PENGARUH PANGSA PASAR. Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Gunadarma: -.
Click Download to save word file
BIOGRAPHY
NAMA :
DIKKY SETIAWAN
SCHOOL :
SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO :
I want to be successful and happy parents . I like adventure in nature
I want to be successful and happy parents . I like adventure in nature
0 Comments