Pantai Dlodo Tulungagung Terbaru Go wes Sepeda

Tepat tanggal 8 Oktober 2017

berkendara naik sepeda motor sudah biasa kalau mengendarai sepeda go wes gimana rasanya ?
bisa dibayangin kan ?
lelah , capek , laper  ?
pasti semua terasa di tubuh kita.
tapi jangan disesali . karena kalau sudah sampek di tujuan. pasti kalian gak akan merasakan yang saya keluhkan diawal tadi.

Pintu Masuk Pantai Dlodo Tulungagung

Letak Lokasi Pantai
pantai dlodo di kawasan kecamatan pucanglaban kabupaten tulungagung. pantai ini merupakan pantai dengan garis pantai yang ter panjang dan memiliki gumuk pasir yang tidak ada di pantai lain di tulungagung maupun jawa timur. Selain ada gumuk pasirnya, di pantai ini juga memiliki ombak yang besar, bisa mencapai 7 meter.
Garis Pantai Dlodo

Diperjalanan
disepanjang perjalanan kalian akan di suguhi pemandangan hutan jati yang lebat dan rindang kalau musim hujan, kalau musim panas ya cuacanya sangat terik. jalanan sudah diaspal halus dan jarang sekali ada lubang aspal yang rusak. dan saeblum sampek ke pantai jalanannya bukan aspal melainkan cor dan jalannya menurun curam tajam.
Suasana Jalan Yang Masih Cor

Gumuk Pasir Pantai Dlodo

Gumuk pasir merupakan atraksi utama di pantai ini. Walaupun gumuk pasir di pantai ini tidak sebesar gumuk pasir di pantai parangkusumo namun pasir di sini lebih putih sehingga cukup untuk berfoto ria ala padang pasir.

Selain gumuk pasir putih, di sini juga ada bukit pasir kecil berisi bijih besi. Sebagian pasir yang berupa bijih besi sudah di tambang sehingga menyisakan kubangan tambang pasir.
 Untuk sisa pasir lainnya sama dengan pasir yang ada di kawasan pantai lumbung. Yaitu pasir putih dengan sedikit ada pasir hitamnya.

Garis Pantai Panjang

Walaupun gumuk pasir hanya berada di sisi barat pantai, tetapi pantai ini konon merupakan pantai terpanjang di tulungagung dengan panjang bibir pantai mencapai 2 km.

Ombak Besar

Pantai ini langsung menghadap laut lepas sehingga mendapatkan angin yang sangat kuat. Angit kuat tersebut dapat mengarahkan pasir naik mengunung hingga menghasilkan gumuk pasir di daratan sedangkan di lautannya menghasilkan ombak yang sangat besar. Konon pada hari biasa ombak di pantai ini bisa mencapai 7 meter dan bisa naik hingga belasan meter ketika terjadi super moon.

Rute Jalan Menuju Pantai Dlodo

Sebenarnya ada dua jalur untuk ke pantai ini, namun jika pengunjung dari kawasan kota tulungagung, jalur yang paling dekat adalah melewati kecamatan kalidawir.
  • Untuk mencapai pantai jalur yang ditempuh dari terminal tulungagung ke arah timur menuju perempatan gragalan.
  • Perempatan gragalan merupakan perempatan lampu merah ke empat dari terminal tulungagung dengan rincian terminal gayatri tulungagung, perempatan tamanan, perempatan jepun, perempatan bus ngoling dan baru perempatan gragalan.
  • Di perempatan gragalan belok ke kanan ke arah kecamatan kalidawir. Untuk memudahkan pengunjung ikuti saja petunjuk arah pantai sine maupun jalan yang paling lebar.
  • Sesampainya di pertigaan pasar kalidawir belok ke kanan mengikuti petunjuk arah pantai sine.
  • Setelah beberapa kiloneter perjalanan memasuki pegunungan.
  • Setelah itu cari pertigaan yang ke arah kiri pantai dlodo dan kedung tumpang sedangkan arah kanan pantai sine. Atau jika bingung cari ke arah desa kalibatur.
  • Setelah menemukan jalan belok ke kiri tersebut ikuti jalan hingga menemukan pertigaan dengan tanda ke kiri kedung tumpang. Jalan ke kiri mulun dan jalan terus aspalnya rusak.
  • Di pertigaan tersebut ambil yang lurus. Jika benar akan menemukan kuburan di kanan jalan. Ikuti jalan sampai pinggir pantai dlodo

Lokasi Pantai Dlodo di Google Maps

Pantai ini berada di koordinat
Pada saat di pegunungan dan hutan sekitar pantai tidak ada sinyal dari kedua operator yang admin pakai. Sebaiknya jika menggunakan GPS, gunakan GPS yang bisa mode offline atau menghafal arah lokasinya.

Pantai Dlodo Dari Malang

Untuk yang berasal dari kawasan malang tidak disarankan mengikuti jalur yang pertama karena terlalu jauh. Dari kawasan malang bisa menuju tulungagung melewati daerah kepanjen, karangkates, wlingi, blitar, ngunut. Atau jika ingin lebih cepat bisa melewati daerah kanigoro. Jika berasal dari malang sekitar kota batu bisa melewati jalur pujon, kandangan , pare,  kediri, tulungagung.
Sesampainya di kawasan pasar ngunut belok ke kiri ke arah kecamatan pucanglaban melewati luk songgo. Jika sudah sampai pucanglaban bisa tanya ke penduduk arah pantai dlodo.

Pantai Dlodo dari Surabaya

Untuk yang berasal dari kawasan surabaya dan sekitarnya seperti gresik, sidoarjo dan madura bisa mengikuti jalur bus surabaya tulungagung dengan rute surabaya – mojokerto – jombang – kertosono – kediri – tulungagung. Sesampainya di terminal tulungagung bisa mengikuti petunjuk arah diatas.

Fasilitas di Pantai Dlodo

Pantai dlodo masih sangat alami sehingga tidak ada fasilitas pendukung pariwisata samasekali. Tidak seperti kedung tumpang maupun pantai sine yang bersebelahan, di sini pengunjung memarkir motor di kebun kelapa. Untuk air bersih dan toilet juga tidak ada, begitu pula tidak ada penjual makanan ringan dan air minum.

Tempat Mendirikan Tenda di Pantai Dlodo

Untuk wisatawan yang ingin camping di tepi pantai lebih disarankan untuk mendirikan tenda di kawasan perkebunan kelapa tepi pantai. Di perkebunan ini lebih aman dari angin dan panas dan berada masih segaris dengan pantai. Walaupun demikian di perkebunan ini banyak sapi dan kotorannya jadi harus hati – hat

Jika ngotot ingin mendapatkan foto tenda di tepi pantai bisa mendirikan tenda di pasir bagian tengah yang datar. Bukan di gumuk pasir nya. Di tempat ini pasirnya lebih datar dan agak keras. Walaupun tetap kurang cocok untuk mendirikan tenda.

Waktu Terbaik ke Pantai Dlodo

Untuk ke pantai ini usahakan beberapa bulan setelah musim kemarau. Pada musim kemarau pasir pantai membentuk gelombang seperti tertiup angin. Sedangkan pada musim hujan gumuk pasirnya cenderung rata karena terkena air hujan.

Perhatikan Ketika Mengunjungi Pantai Dlodo

• Siapkan kendaraan untuk medan offroad. Lebih dianjurkan menggunakan sepeda motor walaupun sebenarnya mobil bisa asal bisa digunakan offroad karena jalannya menurun tajam serta sulit untuk persimpangan dengan sesama mobil
  • Datanglah sepagi mungkin agar tidak terlalu panas
  • Gunakan tabir surya untuk menghindari kulit belang
  • Bawa makanan dan minuman sendiri karena belum ada penjual di pantai
  • Jangan membuang sampah sembarangan terutama di gumuk pasirnya.
  • jangan nekat berbuat mesum ataupun asusila karena sudah penah terjadi yang tidak diinginkan
  • telusurilah garis[pantai dari ujung timur sampai ke ujung barat karena banyak suasana yang bakal kalian temui yang tidak ada di pantai lainnya