MATERI 14 TROUBLESHOOTING LAPISAN APLICATION WAN

MATERI 14 TROUBLESHOOTING LAPISAN APLICATION  WAN

1.1. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. (ilmanberimanpoenya, 2015).
1.2. Netware Inti Protocol (NCP)
NCP (NetWare Core Protocol) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan dalam beberapa produk dari Novell, Inc Hal ini biasanya berhubungan dengan sistem operasi NetWare, tetapi bagian dalamnya telah diimplementasikan pada platform lain seperti Linux, Windows NT dan berbagai rasa dari Unix. (ELINDA, 2013).
1.3. Studi Kasus : jaringan lambat
Collision
Technology Ethernet yang sudah using seperti 10 Base2; 10Base5; dan 10Base-T, mereka menggunakan algoritma CSMA/CD yang menjadi sangat tidak efficient pada beban yang lebih tinggi. Performa jaringan ini akan menjadi turun drastis jika prosentase utilisasinya mencapai lebih dari 30% yang membuat jaringan menjadi sangat lambat.

Bottlenecks
Beban user yang sangat tinggi untuk mengakses jaringan akan menyebabkan bottleneck jaringan yang mengarah pada kelambatan jaringan. Aplikasi yang memakan bandwidth yang sangat tinggi seperti aplikasi video dapat menyumbangkan suatu kelambatan jaringan yang sangat significant karena seringnya mengakibatkan system jaringan menjadi bottleneck. (H, 2009)
1.4. Studi Kasus : jaringan lambat II
Atur letak server
Anda perlu mengidentifikasikan aplikasi (khususnya aplikasi yang dengan beban tinggi) yang hanya diakses oleh satu departemen saja, dan letakkan server pada Switch yang sama dengan user yang mengaksesnya. Meletakkan resource jaringan yang sering diakses pada tempat yang dekat dengan pemakainya akan memperbaiki kinerja dan performa jaringan dan juga response time.

Gunakan gigabit backbone
Performa LAN juga bisa diperbaiki dengan menggunakan link backbone Gigabit dan juga Switch yang mempunyai performa tinggi. Jika system jaringan menggunakan beberapa segment, maka penggunaan Switch layer 3 akan dapat menghasilkan jaringan yang berfungsi pada mendekati kecepatan kabel dengan latensi minimum dan secara significant mengurangi jaringan yang lambat. (H, 2009)
1.5. Login Response Time Terdegradasi
Real time system disebut juga dengan Sistem waktu nyata. Sistem yang harus menghasilkan respon yang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem. Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebut dikeluarkan. Aplikasi penggunaan sistem seperti ini adalah untuk memantau dan mengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya. Peralatan telekomunikasi dan jaringan komputer biasanya juga membutuhkan pengendalian secara Real time. (dwiishartono, 2008).
1.6. Koneksi Server Turun
Beberapa gangguan yang menyebabkan server down
·         tegangan listrik
dapat menyebabkan  gangguan apabila tegangan yang diahasilkan tidak stabil. sering terjadi naik turun / mati mendadak dari sumber PLN.
·         mati / tidak berfungsinya komponen pada jaringan
komputer yang kita gunakan sering amati mendadak karena sumber listrik mati dapat menyebabkan komputer yang kita gunakan akan cepat rusak sehingga akan mempengaruhi ajaringan apabila terjadi kerusakan pada komputer worktationmaupun komputer server.
dan yang biasanya rusak ketika listrik mati adalah power supply dan hdd (hardisk drive). :)
dalm sistem jaringan LAN permasalahan yang menyebabkan seluruh jaringan terganggu disebut dengan jaringan dalam keadaan down. (hidayati, 2013).
1.7. Server Massage Block (SMB)
Server Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA. (wikipedia, 2013).
1.8. Protokol SMB logon dan format paket
Sebetulnya jaringan yang dibangun dengan SMB tidak berbeda jauh dengan jaringan yang dibangun dengan TCP/IP lainnya. SMB/CIFS merupakan protokol yang digunakan mesin Windows untuk berkomunikasi dengan server Samba dan begitu sebaliknya. SMB protokol digunakan untuk operasi file & printer seperti:
membuka dan menutup file.
membuat dan menghapus direktori.
membaca dan menghapus file.
mencari file.
proses antrian file dalam print spool.
Tiap operasi tersebut dapat diencode ke dalam pesan SMB dan ditransmisikan ke dan dari server. (wikipedia, Samba Network Neighbourhood, 2011).
1.9. Studi Kasus: Poor Waktu Respon
Waktu Tanggap ( Response Time) adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Secara umum, pengguna menginginkan bahwa program aplikasinya dapat memberikan waktu tanggap yang sependek – pendeknya. Tetapi waktu tanggap yang baik memang tidak dapat ditentukan, karena ada beberapa aspek yang mempengaruhi, antara lain yakni ragam interaksi yang diinginkan dan kefasihan pengguna dalam menjalankan program aplikasi tersebut. Selain itu, watu tanggap yang berbeda – beda dapat mempengaruhi konsentrasi pengguna yang pada gilirannya aka mempengaruhi kinerja pengguna. (Ramadhani, 2015).
1.10.        MS Browser Protokol
layanan browser atau komputer Browser Service [1] adalah fitur dari Microsoft Windows agar pengguna mudah menelusuri dan menemukan sumber daya bersama di komputer tetangga. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan informasi dalam satu komputer "Browse Master" (atau "Master Browser"). Semua komputer lain menghubungi komputer ini untuk informasi dan tampilan di jendela Network Neighborhood.

layanan browser berjalan pada mailslot / Server Message Block dan dengan demikian dapat digunakan dengan semua didukung protokol transport seperti NetBEUI, IPX / SPX dan TCP / IP. layanan browser sangat bergantung pada siaran, sehingga tidak tersedia di seluruh segmen jaringan dipisahkan oleh router. Browsing di subnet IP yang berbeda memerlukan bantuan Domain Master Browser, yang selalu Primary Domain Controller (PDC). Oleh karena itu, browsing di subnet IP tidak mungkin dalam jaringan workgroup murni. (wikipedia, Browser service, 2016).

File wordnya download disini

Daftar Pustaka

dwiishartono. (2008, September 17). Real Time System(RTS). Retrieved from dwi ishartono’s: https://dwiishartono.wordpress.com/2008/09/17/real-time-systemrts/
ELINDA, M. (2013, Juni 06). Company Standard Protokol (2). Retrieved from LyndzZ's Blog: http://nunalinda.blogspot.co.id/2013/06/company-standard-protokol-2.html
H, A. (2009, 09). Masalah Jaringan Lambat. Retrieved from Jaringan Komputer dan Keamanan: http://www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com/masalah-jaringan-lambat
hidayati, t. (2013, Juni 13). FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA KERUSAKAN PADA JARINGAN KOMPUTER. Retrieved from trifika hidayati: http://trifikahidayati.blogspot.co.id/2013/06/faktor-faktor-yang-menyebabkan.html
ilmanberimanpoenya. (2015, Agustus). Penjelasan HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DOMAIN, HOSTING. Retrieved from ilmanberimanpoenya: https://ilmanberimanpoenya.wordpress.com/tugasss-2/penjelasan-http-html-url-www-ftp-domain-hosting/
Ramadhani. (2015, Februari 13). IMK – Respon Time (Waktu Tanggap). Retrieved from Ramadhani: http://student.blog.dinus.ac.id/ramadhani/2015/02/13/respon-time-waktu-tanggap/
wikipedia. (2011, Maret 25). Samba Network Neighbourhood. Retrieved from wikipedia: http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Samba_Network_Neighbourhood
wikipedia. (2013, April 17). Server Message Block. Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block
wikipedia. (2016, Maret 16). Browser service. Retrieved from wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Browser_service

Nama    : Dikky Setiawan
Sekolah                : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto   : melakukan apa yang harus dilakukan dan sampai bisa !


Post a Comment

0 Comments