MATERI 15 TROUBLESHOOTING PERANGKAT JARINGAN NIRKABEL

MATERI 15 TROUBLESHOOTING PERANGKAT JARINGAN NIRKABEL

1.1. Perangkat Bluetooth
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.
Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. (Wikipedia, 2016).
1.2. Perangkat Access Point
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Secara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel. (sanha, 2015).
1.3. Perangkat Grid Antena
Antenna Grid adalah alat yang dipakai untuk mengirim, menerima, memperkuat signal wireless untuk melakukan koneksi point to point, atau point to multipoint dalam bentuk antena. Antenna Grid ditujukan untuk hostspot diluar ruangan (outdoor). Antenna Grid terbagi menjadi 2 macam dengan frekuensi yang berbeda yaitu: Grid Antena 2,4 GHz, Grid Antena 5,8 GHz. (Rizaldy, 2014).


1.4. Perangkat Antena Omnidirection
Sebuah antena Omnidirectional adalah antena daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. This pattern is often described as "donut shaped". Pola ini sering digambarkan sebagai "donat berbentuk". Antena Omnidirectional dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa antena directional di outdoor point-to-multipoint komunikasi systems termasuk sambungan telepon selular dan siaran TV. (Anggraini, 2011).
1.5. Perangkat Antena Pico
Pico stasiun ini adalah Access point kecil yang dapat diletakan diluar ruangan. Pico Stasiun adalah alat yang hampir mirip seperti Nano Stasiun yang dapat mengubah modenya menjadinya AP,AP WDS,Stasiun dan Stasiun WDS tetapi cuma ukurannya lebih kecil dari Nano Stasiun. (Dede, 2012).
1.6. Perangkat Repeater / Router
Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).

Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.
Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). (Denai, 2013).



 Download Disini untuk wordnnya

Daftar Pustaka

Anggraini, S. D. (2011, April 21). ANTENA OMNIDIRECTIONAL dan ANTENA DIRECTIONAL. Retrieved from chiby blog area: http://chibyblogarea.blogspot.co.id/2011/04/antena-omnidirectional-dan-antena.html
Dede. (2012, Maret 02). http://dedeandrailmutkj.blogspot.co.id/. Retrieved from Blognya Dede Yana: http://dedeandrailmutkj.blogspot.co.id/
Denai, K. (2013, April 16). Perbedaan Modem, Repeater, HUB, Switch, Router, Bridge, Access Point. Retrieved from ANTENA KU: http://antena-ku.blogspot.co.id/2013/04/perbedaan-modem-repeater-hub-switch.html
Rizaldy, R. (2014, Januari 13). Definisi dan Bagian - Bagian Antena Grid. Retrieved from RENDTKJ2: https://magneticinfo.blogspot.co.id/2014/01/definisi-dan-bagian-bagian-antena-grid.html
sanha. (2015, Desember 6). Pengertian Access Point dan Fungsinya. Retrieved from Wireless Mode: http://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html
Wikipedia. (2016, November 23). Bluetooth. Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Bluetooth

Nama    : Dikky Setiawan BLITAR
Sekolah                : SMK ISLAM 1
Motto   : melakukan apa yang harus dilakukan dan sampai bisa !


Post a Comment

1 Comments