Perbaikan PC

LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN PC

LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN PC

1. Urutan langkah-langkah memperbaiki PC secara umum adalah:
a. Cek sambungan kabel power supply utama dan kabel tegangan DC.
b. Cek sambungan kabel keyboard.
c. Cek sambungan kabel monitor dan kabel daya monitor.
d. Cek konfigurasi setting CMOS
e. Cek sambungan kabel power dan kabel data drive.
f. Cek semua daughter board atau card yang terpasang pada slot I/O
g. Cek sambungan saklar reset
h. Cek posisi kunci keyboard
i. Cek semua IC yang terpasang
j. Cek disket boot di drive A
k. Cek sambungan speaker
Kerusakan Pada Power Supply
Gejala : Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.
Solusi : Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.
Masalah : Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor menyala.
Solusi : lakukan seperti langkah diatas, tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply, Silahkan anda ganti PS nya, Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru, dan hati-hatilah dalam pemasangannya.
Catatan : Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja, Setelah anda menggantinya, komputer akan kembali bekerja dengan normal. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board, VGA Card dan Memory.
Kerusakan /cacat pada VGA Card(VGA card failure).
Komputer tiba-tiba restart juga dapat terjadi dikarenakan rusaknya bagian VGA Card. VGA Card yang rusak biasanya akan terasa cepat panas pada bagian heatsink-nya. Selain itu tampilan pada layar monitor pun mengalami cacat/rusak. Hal lain yang juga mungkin terjadi adalah pin konektor AGP atau PCI express kotor karena kemasukan debu.
Kerusakan /cacat pada VGA Card. (VGA card failure).
    Jika VGA card Anda menggunakan heatsink dan kipas, pastikan bahwa kipas dapat berputar dengan baik, serta bersihkan dari debu yang menempel pada heatsink maupun kipas.
    Bersihkan pin konektor yang masuk pada slot (AGP maupun PCI express) menggunakan penghapus pensil. Kemudian pasang kembali. Cek apakah ada kapasitor yang menggembung. Jika ada, servis terlebih dahulu VGA tersebut, atau ganti dengan VGA yang masih berfungsi dengan baik.
Kerusakan/cacat pada RAM/memory(RAM failure).
    Bersihkan pin konektor yang masuk pada slot RAM menggunakan penghapus pensil. Kemudian pasang kembali.
    Jika cara di atas tidak berhasil ganti RAM yang terpasang dengan RAM lain yang telah terbukti berfungsi dengan baik.
SolusiMobil.com - Setelah sebelumnya diuraikan tentang bagian-bagian cooling system, berikut ini ulasan tentang bagaimana mengenal gejala kerusakan. Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.
1. Gejala: Mesin panas saat AC mati
Kerusakan: Thermoswitch  rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi: Gantilah thermoswitch.

2. Gejala: Mesin panas saat kecepatan tinggi
Kerusakan: Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi: Servis radiator atau ganti bila perlu.

3. Gejala: Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan: thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi: Ganti thermostat.

4. Gejala: Air radiator selalu berkurang
Kerusakan: Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi: Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.

5. Gejala: Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan: Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi: Ganti tutup radiator.

6. Gejala: Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan: Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi: Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.

 Disk Cleaner
Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive daripengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive.Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yangpiringannya diganti dengan kertas tisu.Gambar 4. Disk Cleaner
CD Cleaner
CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu denganmenggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersihdengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner
dengan disk cleanerhanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakansikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.Gambar 5. CD Cleaner
Obeng
Obeng merupakan peralatan penting bagi para teknisi komputer,karena dengan alat inilah teknisi mampu membuka dan melepaskomponen dalam PC.
. Obeng
Tang
Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatankomponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucutbanyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yangkecil. Sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotongkabel dan keperluan lainnya.Gambar 7. Tan
 

Bahan atau peralatan untuk membersihkan komponen PCa) Penyedot Debu Mini
Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebihbersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikatdengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luassempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepatdigunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudut-sudut casing komputer.
Kain Kering Atau Tisu dan Cairan Pembersih
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cairyang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segaratau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus
Kuas
Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debuatau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuasdapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan siripheatsink pada prosessor

CD Cleaner
CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu denganmenggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersihdengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleanerhanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakansikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk

Post a Comment

1 Comments