PANTAI JOLOSUTRA MEMANG INDAH

Siapa yang gak pernah dengar Blitar ?
           Blitar terkenal memiliki harta karun berupa deretan pantai menawan, salah satunya Pantai Jolosutro. Keunikan pantainya terletak pada pasir hitam yang eksotis.
Potensi pariwisata Blitar memang nggak bisa lepas dari nilai-nilai sejarah. Pasalnya, di kota di Jawa Timur ini menjadi saksi bisu perjuangan Indonesia melawan penjajah. Salah satu wisata sejarah yang populer adalah Makam Bung Karno, presiden pertama sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.  Tapi, selain kaya akan wisata sejarah, Blitar juga populer dengan potensi wisata alamnya. Terdapat deretan pantai yang indah bisa kamu kunjungi, seperti Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, Pantai Gayasan,Pantai Jolosutro, Pantai Pudak, Pantai Peh Pulo, Pantai Pangi , Pantai Jebring dan masih banyak lagi.
          Adalah Pantai Jolosutro yang bakal kita bahas sekarang ini. Pantai Jolosutro ini sudah cukup lama ditemukan dan jadi spot untuk berlibur, tapi keindahan alamnya masih tetap terjaga,dan masih alami yang menyimpan banyak keindahan mulai dari perjalanan sampai bibir pantai.
           Sesuatu yang alami selalu memiliki nilai yang lebih. Tak terkecuali saat bertandang ke pantai. Semakin alami pantainya semakin seru untuk dijelajahi. Meski mungkin dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya namun justru di situ sisi menariknya karena bisa merasakan petualangan sebelum akhirnya membuahkan hal yang begitu menakjubkan dengan pemandangan yang begitu indah. Asiknya lagi tak banyak pengunjung di sana yang bikin suasana bersantai jadi kian nyaman



Laut Selatan 

           
Blitar adalah salah satu kabupaten yang berada di area Laut Selatan, karena itu Blitar mempunyai beberapa pantai yang indah yang merupakan bagian dari Laut Selatan. Pantai-pantai yang indah tersebut antara lain; pantai Tambakrejo di kecamatan Wonotirto, pantai Serang di kecamatan Panggungrejo, Pantai Jolosutro di kecamatan Wates, Pantai Gayasan di kecamatan Bakung.
             Panorama laut selatan sangat indah dan dan menarik para wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Laut ini mempunyai ombak yang fantastik, matahari yang terbenam, dan matahari tenggelam yang indah. Banyak petualang laut yang mengagumi laut ini.
           Tempat bermain yang sangat mengasikkan serta tempat camping yang sangat mengesankan.

Lokasi Pantai Jolosutro 

           Bagi kamu yang belum pernah plesir ke Blitar, nama Pantai Jolosutro mungkin masih agak asing kedengarannya. Tapi meski begitu, pantai ini layak banget kamu kunjungi, traveler. Berada di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates dan hanya berjarak kurang lebih 45 kilometer dari pusat kota, Pantai Jolosutro ini termasuk pariwisata andalan di Blitar, traveler. Karena lokasinya yang berada di perbatasan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, kamu bisa saja mampir ke Pantai Jolosutri saat plesir ke Malang.
Butuh waktu sekitar satu jam untuk mencapai Pantai Jolosutro ini. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Jolosutro, kamu akan disuguhi pemandangan cantik. Kawasan bukit yang menanjak serta jalan berkelok akan kamu lewati sebelum menyaksikan keindahan Pantai Jolosutro. Semakin dekat dengan pantai, maka pemandangan Pantai Jolosutro dari ketinggian tampak makin mempesona. Sekitar satu kilometer dari lokasi Pantai Jolosutro, kamu akan dimintai tiket masuk di sebuah pos penjaga. Tenang, harga yang dipatok nggak mahal kok. Hanya dengan ongkos Rp5.000 kamu sudah bisa berlibur sepuasnya di Pantai Jolosutro.
            Bagi turis yang ingin tinggal lebih lama di sana, mereka dapat menginap di tempat penginapan di sekitar pantai. Di sana juga tersedia warung, gazebo, dan parkir yang cukup luas bagi para wisatawan. Jadi anda tidak perlu khawatir jika berlibur ke pantai Jolosutro dan ingin belama-lama di pantai menikmati pemandangan.

Wisata Pantai Jolosutro 


           Begitu sampai di kawasan Pantai Jolosutro, tidak ada kata lain selain cantik untuk menggambarkan keindahannya. Iya,akan dibuat kagum dengan Pantai Jolosutro yang masih asri ini. Birunya langit serta hamparan air laut yang bening menggoda untuk segera bercengkrama dengan hamparan pasir di Pantai Jolosutro. Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pasir di pantai ini beda dengan pantai lain yang biasanya berwarna putih lembut
Pantai Jolosutro justru terkenal dengan pasir hitamnya. Meski begitu, bukan berarti pantai ini nggak indah. Justru dengan butiran-butiran halus pasir yang berwarna hitam membuat Pantai Jolosutro terlihat makin eksotis. Apalagi ditambah suasana sejuk di sini, membuat traveler merasa nyaman memandangi hamparan laut yang luas. Pantai Jolosutro ini termasuk salah satu wisata alam yang paling diminati di Blitar. Saat musim libur atau setidaknya di akhir pekan, kunjungan ke Pantai Jolosutro meningkat tidak hanya dari warga dari Blitar, tapi juga dari luar daerah tersebut.
             Meski ramai pengunjung, keasrian Pantai Jolostutro masih cukup terjaga. Hanya saja yang disayangkan, pengunjung apalagi yang masih anak-anak tidak bisa berenang terlalu jauh di Pantai Jolosutro. Itu karena pantai ini berada di garis selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun kamu nggak perlu khawatir, Pantai Jolosutro tetap mengasyikan meski hanya mengelilungi bibir pantainya dengan kaki telanjang. Letak Pantai Jolosutro yang berada di sebuah teluk kecil yang diapir perbukitan membuat suasana di kawasan ini lumayan sejuk.
             Kamu bisa berjalan ke arah barat dimana terdapat sebuah bukit yang memisahkan Pantai Jolosutro dan Pantai Karang Nritep yang berada di sebelahnya. Dengan melewati jalan setapak, kamu akan disuguhkan indahnya pemandangan Pantai Jolosutro dari ketinggian. Mata kamu nggak akan lelah memandangi hamparan laut yang luas.

Rute ke Pantai Jolosutro di Blitar

              Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata pantai Jolosutro jangan khawatir karena akses menuju tempat wisata pantai Jolosutro sangat mudah untuk ditempuh. Anda juga bebas memilih kendaraan, baik memilih kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Nah, terdapat dua jalur yang dapat anda tempuh. Petama, jika anda berada di Kota Blitar, anda akan berjalan melewati kecamatan kanigoro, Lodoyo, Inangun dan Wates.

            Kedua, jika anda berada di Kota Malang, maka anda akan berjalan melewati Bendungan Karangkates, teruslah berjalan menuju arah Blitar, kemudian ambil arah Selatan menuju kecamatan Binangun, selanjutnya jalan hingga di Kecamatan Wates. Di sepanjangan perjalanan dari Binangun hingga Wates anda merasakan kesejukan Kota Blitar karena di sepanjang perjalanan tersebut anda melewati hutan jati.

 Galeri Pantai Jolosutra
a. Perjalanan Menuju Pantai Jolosutra
 

 b. Bibir Pantai Jolosutra




c. DiBawah Pohon Cemara Yang Lebat




Post a Comment

0 Comments