PROTOKOL ROUTING OSPF

PROTOKOL ROUTING OSPF
1.1. Routing Protokol Link-State
OSPF merupakan routing protocol berbasis link state, termasuk dalam interior Gateway Protocol (IGP). Menggunakan algoritma Dijkstra untuk menentukan jalur tercepat dan
terbaik pada jaringan (shortest path first). (unand.ac.id, 2014).
Link State adalah proses routing yang membangun topologi databasenya sendiri. Konsep dasar dari link state routing adalah setiap router menerima peta (map) dari router tetangga. (Govandap, 2015).
1.2. Wilayah/Area dalam OSPF
·         Backbone Area adalah area tempat bertemunya seluruh area-area lain yang ada dalam jaringan OSPF. Area ini sering ditandai dengan angka 0 atau disebut Area 0. Area ini dapat dilewati oleh semua tipe LSA kecuali LSA tipe 7 yang sudah pasti akan ditransfer menjadi LSA tipe 5 oleh ABR.
·         Standar Area merupakan area-area lain selain area 0 dan tanpa disertai dengan konfigurasi apapun. Maksudnya area ini tidak dimodifikasi macam-macam. Semua router yang ada dalam area ini akan mengetahui informasi Link State yang sama karena mereka semua akan saling membentuk adjacent dan saling bertukar informasi secara langsung.
·         Stub Area Istilah ini memang digunakan dalam jaringan OSPF untuk menjuluki sebuah area atau lebih yang letaknya berada paling ujung dan tidak ada cabang-cabangnya lagi. Stub area merupakan area tanpa jalan lain lagi untuk dapat menuju ke jaringan dengan segmen lain.
·          Totally Stub Area adalah stub area yang lebih diperketat lagi perbatasannya. Totally stub area tidak akan pernah menerima informasi routing apapun dari jaringan di luar jaringan mereka. Area ini akan memblokir LSA tipe 3, 4, dan 5 sehingga tidak ada informasi yang dapat masuk ke area ini. Area jenis ini juga sama dengan stub area, yaitu mengandalkan default route untuk dapat menjangkau dunia luar.
·         Not So Stubby Area (NSSA) Stub tetapi tidak terlalu stub, itu adalah arti harafiahnya dari area jenis ini. Maksudnya adalah sebuah stub area yang masih memiliki kemampuan spesial, tidak seperti stub area biasa. Kemampuan spesial ini adalah router ini masih tetap mendapatkan informasi routing namun tidak semuanya. (Rachmad, 2008).
1.3. Ukuran Metric dan Tetangga Batasan dekat OSPF
Ukuran/metric dan konvergensi OSPF
Konvergensi memiliki arti kondisi atau keadaan dimana Merupakan waktu yang digunakan untuk berbagi informasi melintasi network sehingga diperoleh jalur terbaiknya(best path).Semakin cepat time to converge maka akan semakin baik.Penggunaan periode update akan menyebabkan slower converge(lambatnya konvergensi).Bahkan dengan digunakannya beberapa teknologi seperti triggered update,konvergensi secara keseluruhan masih lebih lambat dibandingkan link state protokol routing. (routinginternet, 2011).
D.Tetangga dan batasan dekat OSPF
Router lain yang berhubungan langsung atau yang berada di dalam satu jaringan dengan router OSPF tersebut disebut dengan neighbour router atau router tetangga. Router OSPF mempunyai sebuah mekanisme untuk dapat menemukan router tetangganya dan dapat membuka hubungan. Mekanisme tersebut disebut dengan istilah Hello protocol. (wordpress, 2015). (Tyas, 2016).
1.4. Cara Kerja OSPF
OSPF harus membentuk hubungan dulu dengan router tetangganya untuk dapat saling berkomunikasi seputar informasi routing. Untuk membentuk sebuah hubungan dengan router tetangganya, OSPF mengandalkan Hello protocol. Namun uniknya cara kerja Hello protocol pada OSPF berbeda-beda pada setiap jenis media. Ada beberapa jenis media yang dapat meneruskan informasi OSPF, masing-masing memiliki karakteristik sendiri. (bhakot, 2013 ).

Download disini word nya

Daftar Pustaka

bhakot. (2013 , Januari 09). Pengertian OSPF. Retrieved from Jaringan Komputer Lanjutan: https://thaiman70an.wordpress.com/2013/01/09/pengertian-ospf/
Govandap. (2015, Desember 01). OPERASI PROTOCOL RUTE LINK-STATE. Retrieved from JOOPRO!: https://joopro.wordpress.com/2015/12/01/%E2%80%A2operasi-protocol-rute-link-state/
Rachmad. (2008, Desember). Jenis-jenis Area dalam OSPF. Retrieved from CAk MAdz's Blog: http://rachmad29.blogspot.co.id/2008/12/jenis-jenis-area-dalam-ospf.html
Tyas, H. M. (2016, 10). PROTOCOL ROUTING OSPF. Retrieved from Heris Muning Tyas: http://herisganasht.blogspot.co.id/2016/10/protocol-routing-ospf.html
unand.ac.id. (2014). Open Shortest Path First (OSPF) . http://lsi.si.fti.unand.ac.id/wp-content/uploads/2014/09/Modul-5-OSPF.pdf.

Nama    : Dikky Setiawan
Sekolah                : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto   : melakukan apa yang harus dilakukan dan sampai bisa !


Post a Comment

0 Comments