Pendakian Gunung Buthak pasca kebakaran

Pendakian Gunung Buthak

Saya dan teman saya melakukan pendakian ke Gunung Buthak pada tanggal 29 November-1 Desember, tepatnya pada hari jumat kita mulai pendakian dari Sirah Kencong dari Sirah Kencong sekitar pukul 23.00 menuju ke Wukir Negoro sampai di sana pukul 24.00 kita mendirikan tenda dan bermalan dulu di Wukir. Paginya kita packing untuk melanjutkan perjalanan ke puncak Buthak estimasi pendakian dari Wukir ke Puncak sekitar 7 jam.

Sebelum packing rencana mau mengisi air di sumber air yang ada di bawah nya Wukir tapi ternyata sumber airnya tidak mengalir, mugkin karena musim kemarau panjang jadi sumber nya mati. Untungnya kita masih bawa air minum 2 botol 1500 ml. Akhirnya kita putuskan langsung packing  dan melanjutkan pendakian ke puncak dengan bekal air minum 2 botol karena kita cuma berdua jadi 1 botol untuk 1 orang.

1. Wukir ke Pos 1

Wukir ke Pos 1 pendakian di mulai pukul 07.00 sampai Pos 1 pukul 08.00 sekitar 1 jam perjalanan jalur pendakian masih ada landainya walaupun sedikit. Tapi masih banyak pohon-pohon yang roboh di sepanjang jalur pendakian karena memang habis kebakaran mulai dari sebelum Pos 1 sampai Puncak.

2. Pos 1 ke Pos 2
Jalur pendakian nanjak, tidak ada landai membutuhkan sekitar 1 jam 15 menit perjalanan

3. Pos 2 ke Pos 3
Perjalanan sekitar 35 menit. Nanti akan menemui pos bayangan sebelum pos 3 Anda bisa istirahat disini atau langsung ke Pos 3 jaraknya cuma 8-10 menit dari Pos 3.

4. Pos 3 ke Pos 4
Memang Gunung Buthak via Sirah Kencong jalurnya nanjak terus maka dari itu biasanya lebih cepat dari pada via Paderman. Dari Pos 3 ke Pos 4 memelurkan sekitar 1 jam 10 menit.

5. Pos 4 ke Pos 5
Pos 4 ke Pos 5 menurut saya adalah yang paling lama yaitu sekitar 1 jam 35 menit. Anda juga bisa mendirikan tenda di Pos 5 tempatnya lumayan luas.

6. Pos 5 ke Puncak
Melanjutkan dari Pos 5 ke Puncak sekitar 45 menit. Biasanya orang-orang mendirikan tenda di puncak kalo mendakinya via Sirah Kencong, tetapi pendakian via Sirah Kencong masih tergolong sepi dari pada via Panderman karena waktu itu saya dan teman saya hanya berdua saja, baru keesokan harinya berjumpa dengan 1 rombongan pendaki yang juga melalui jalur Sirah Kencong.

Itu adalah sabana tempat camping via Panderman

Pendakian dari Wukir ke Puncak

Tips mendaki di Gunung Buthak

1. Jika mendaki saat musim hujan jangan lupa membawa jas hujan
2. Selalu bawa jaket gunung
3. Bawa air yang cukup, di Gunung Buthak Anda bisa mengambil air di sabana ada sumber airnya disana. Ditempat camping ground via Panderman jadi Anda harus turun terlebih dahulu ke sabana, memakan sekitar 45 menit dan naiknya sekitar 1 jam an.
4. Bawa sleeping bag
5. Bawa flysheet jika diperlukan, biasanya ditaruh di atas tenda agar tenda tidak bocor atau air tembus ke dalam tenda.